Bekerja Keras, Penggugur Dosa

kerja-kerasTeruntuk saudaraku yang bekerja keras..
Pekerjaanmu adalah jalan menuju surgamu. Maka bersemangatlah dalam bekerja, karena setiap pekerjaan seorang muslim bukan sebuah fatamorgana..
“Dan amal-amal orang-orang kafir adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu, dia tidak mendapati apa-apa….” (An-Nur: 39)
Dalam ayat lain dikatakan, amalan orang kafir ibarat abu yang dengan mudah diterbangkan angin. Tanpa sisa.
“Permisalan amalan-amalan orang-orang yang kafir kepada Rabb mereka adalah seperti abu yang ditiup angin dengan keras pada suatu hari yang berangin kencang. Mereka tidak dapat mengambil manfaat sedikit pun dari apa yang telah mereka usahakan di dunia. Yang demikian itu adalah kesesatan yang jauh.” (Ibrahim: 18)

Adalah Sa’ad bin Muadz al Anshari.

Tatkala itu Rasulullah berjumpa Saad bin Mu’az dan bersalaman beliau merasakan telapak tangan Mu’az yang kasar. Rasulullah bertanya apa sebabnya, Mu’az menjawab “Saya membajak tanah untuk keluarga ya Rasulullah”. Mendengar jawaban itu Rasulullah mencium tangan Mu’az dan berkata “Tangan ini tak akan disentuh api neraka”.
Sebuah pernghargaan yang pantas bagi orang yang bekerja keras juga disebutkan dalam sabda Rasulullah yang lain. Hingga kelelahan badan dianggap sebagai tebusan untuk menggugurkan dosa-dosa.
“Barang siapa yg merasa lelah di sore hari karena mencari rizki dgn tangannya, maka akan diampuni dosa dosanya.” (HR Tabrani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s