Muda, Berkarya!

Setiap orang memiliki pilihan dalam menjalani hidupnya, meskipun setiap orang tetap terikat dengan ketetapan yang telah Allah buat. Bagi mereka yang baru jadi sarjana, ada yang memilih untuk melanjutkan sekolah ke S2, ada yang langsung s3 (istri, he), ada yang ke luar negri, ada yang kerja di kantoran, ada juga yang buka usaha (seperti saya, :D). Pernah baca suatu celotehan yang lumayan bagus, katanya “kamu terlahir miskin itu bukan salahmu, tapi kalau kamu mati miskin itu kesalahanmu”. whehe

Yang muda yang berprestasi. Bro, apapun yang kita lakukan setelah lulus, sudah seharusnya melakukan sesuatu yang luar biasa. Kalau melihat para tokoh muslim terdahulu, banyak yang di usia muda sudah memiliki prestasi luar biasa. Muh Fatih di umur 22thn telah menaklukan konstantinopel, Hasan al banna di umur 22thn mendirikian Ikhwanul muslimin, Utsman bin Zain di umur 18thn diangkat rasulullah untuk memimpin pasukan muslimin dalam penyerbuan ke wilayah Syam yang berada dalam kekuasaan Romawi (mantep kan bro?).

Ibnu Abbas ra berkomentar: “Tidak ada seorang nabi pun yang diutus Allah, melainkan ia (dipilih) dari kalangan pemuda saja (30-40 tahun). Begitu pula tidak ada seorang alim pun yang diberi ilmu melainkan ia dari kalangan pemuda.” Allah Swt. berfirman (yang artinya): “Kami mendengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala, namanya Inrahim.” (QS al-Anbiyaa [21]: 60)

Bro, mereka lah pemuda-pemuda yang patut kita contoh semangatnya, kerja kerasnya, pemikirannya, kekuatan jiwanya dsb.

Di negeri kita saat ini, setiap orang sudah disetting untuk mengikuti sistem yang kaku. Seakan-akan setiap orang baru bisa berkarya jika mereka telah jadi sarjana, yang umurnya udah di atas 22thn. Dan saya termasuk ke dalam daftar orang2 seperti itu. Ya meski demukian tentunya tidak boleh ada yang harus disesali, karena tugas kita adalah berusaha sebaik mungkin.

Dan di usia yang masih muda ini, saya akan memulai prestasi, demi kesejakteraan orang2 di sekitar saya, dan kelak mereka (orang2 di sekitar saya) pun harus mensejahterakan orang2 yang berada di sekitarnya. Dengan penuh semangat, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas.

Hasan-Kamil Konveksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s