Pengalaman di kalBar 1

Ingin share tentang sebuah propinsi yang pernah saya kunjungi, di pulau terbesar di Indonesia, ya pulau kalimantan, tepatnya di Kalimantan Barat. .

Kalbar memiliki pesona alam dan mansyarakat yang berbeda dari pulau tempat tinggal saya sekarang. Ada 3 suku besar yang mendominasi, yakni melayu, dayak dan cina. Mereka hidup rukun dengan bahasa yang khas mereka miliki.

Cerita pertama, pengalaman saya  di tempat penelitian, bersama orang-orang gunung suku dayak. Tepatnya di kabupaten landak. Meski jauh dari kota, mereka masih tetap bisa hidup sejahtera.  Mereka hidup bersahaja bersama di pedalaman, dengan kebiasaan adat berburu dan meramu, bertani dengan sistem ladang berpindah,  seakan ingin mengatakan hutanku rumahku.

ini nih foto2 di kec. Meranti, kab. Landak, KalBar

      

mereka juga masih memiliki kepercayaan kepada roh-roh leluhur. sehingga kegiatan adat mereka biasanya selalu diawali dengan permohonan dan perizinan kepada roh leluhurnya. dan kebetulan saya diberi kesempatan untuk ikut dalam upacara adatnya waktu itu. ini nih foto2nya..

        

dan lagi…

        

dan kegiatan sehari2 masyarakat juga mengasikkan, mereka biasa ke ladang untuk bertani padi ladang dengan rangkaian persiapan bertani hingga berbulan-bulan. dari mulai penebangan-pembakaran-pembuatan lubang-penanaman-penyiangan-pemanenan… pokoke ribet dah. ini ni foto2nya…

        

dan lagi2 ikut kegiatan di hutan seperti berburu dan mengambil getah karet. ini nih foto2nya..

           

masih banyak kegiatan seru yang sayangnya tidak terdokumentasi seperti kegiatan di sungai sebagai kamar mandi alam terbuka, menangkap ular, masak bekicot dan katak, lantunan lagu seorang wanita di tengah malam gulita, dan segudang cerita lainnya. Makanya ada keinginan untuk menjelajahi kekayaan alam indonesia di tempat2 yang lain. Semoga Allah memberikan kesempatan untuk melakukan itu…

2 thoughts on “Pengalaman di kalBar 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s