Pemahaman dan Tujuan

Cita-cita seseorang memang akan selalu berubah sepanjang penambahan pengetahuannya terhadap sesuatu yang merubah persepsi dirinya.

Dulu saya ingin sekali menjadi tentara. Hidup di hutan rimba beberapa bulan untuk latihan survival, belajar menembak, terjun payung, menyelam, dan juga berkelahi. Terkesan bahwa seorang tentara memang gagah dan tangguh. Tapi sekarang keinginan itu sudah tidak ada. Karena melihat berbagai pertimbangan lain yang sepertinya ada yang lebih baik.

Dalam kehidupan. Sangat perlu kita memahami persepsi kehidupan yang sebenarnya. Bahwa kita seorang makhluk yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Menciptakan, memiliki tujuan jelas dalam kehidupan ini denga tujuan yang sudah ditentukan oleh Yang telah menciptakan kita. Kita tidak hanya sekedar hidup untuk makan, mendapat gelar, mengumpulkan harta, menikah dan memperbanyak keturunan. Lebih dari itu tujuan kita dihidupkan. Allah SWT tidak ada tujuan lain menciptakan manusia dan jin selain hanya agar kita beribadah kepada-Nya.

Saya makan, tidur, olah raga, belajar, mencari nafkah, bersedekah, dakwah, menikah, menambah keturunan dsb adalah tidak lain disitu ada nilai ibadah. Mungkin saja saya tidak menghormati dan mencintai orang tua jika memang Allah tidak memerintahkan untuk berbuat demikian.  Saya mengenal kalian, memberikan senyuman, membantu dan menasehati juga bukan keinginan saya namun memang karena Allah lah yang telah memerintahkan untuk berbuat demikian. Saya berjamaah dengan sebuah jamaah, ikut serta berjuang, dsb memang karena itu semua diperintahkan.

Saya merindukan mereka yang mencintai saya. Benar-benar mencintai saya. Mereka yang selalu memikirkan keselamatan saya dan yang lainnya… Terutama dia Muhammad SAW yang hingga akhir hayatnya masih mengingat saya dan mengharapkan keselamatan saya di akhirat kelak. Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam…

Tujuan kita sudah sangat jelas. Tinggal kita menyusun rencana strategi agar kita benar-benar meperoleh tujuan yang kita harapkan. Tidak sekedar mendapatkan apa adanya, tapi juga mendapatkannya dengan memuaskan..

Tinggalkan Balasan

