Harapan dan Takdir

Tidak ada yang tahu rencana Allah. Semua sudah tertulis di lauhul mahfudz. Hanya Allah yang tahu..

Ketika sudah mulai faham akan pentingnya masa depan, saya mulai bertanya akan jadi apa kelak? Dan akhirnya membuat saya harus berpikir lebih dalam. Karena kegemaran ketika kecil adalah bermain dengan alam, melatih fisik dengan olah raga bela diri, cukup supel dalam bergaul dan senang bertransaksi dalam usaha, membuat saya ingin menjadi seorang pengusaha yang punya sebuah yayasan dan juga aktif dalam kegiatan di alam. Apakah akan tercapai?

Ketika SMA saya berpikir ingin kuliah di IPB. Dan setelah mendekati Ujian akhir ternyata Allah memberikan jalan dengan adanya pembukaan pendaftaran mahasiswa IPB jalur PMDK (USMI). Meskipun ketika itu saya masih terus berusaha lewat jalan yang lain, karena ada kemungkinan tidak diterima dengan jalur USMI tersebut. Dan akhirnya Allah mengizinkan saya kuliah di IPB.

Setelah TIngkat Persiapan Bersama (tahun pertama di IPB) mulai saya berpikir mau di departemen apa nanti? Karena hobi saya seperti yang di atas, saya mulai memilih untuk masuk ke deptmn yang ada kaitannya dengan alam dan juga bisnis/ ekonomi. Memang kurang tahu juga mata kuliah apa yang akan dipelajari disana, tapi karena ada dua departemen yang nama kedua departemen tersebut ada kata2 lingkungan dan yang berbau2 bisnis/ ekonomi akhirnya saya memutuskan untuk mengambil pilihan departemen Ekonomi Sumberya Lingkungan dan departemen Manajemen Hutan. Dan akhirnya Allah mengizinkan juga masuk salah satu dari kedua pilihan tersebut, yaitu Manajemen Hutan. Tidak ada yang tahu. Tapi Allah mengarahkan yang terbaik dari apa yang kita mau. Jadi memang takdir Allah mungkin akan beriringan dengan cita-cita dan apa yang kita usahakan.

Setelah kuliah di Manajemen Hutan, saya mulai meraba lagi. Pekerjaan seperti apa kelak yang cocok untuk saya tekuni? Pengusaha bidang kehutanan yang dapat mengembangkan masyarakat. Apa itu? Mungkin bisa menjadi pengusaha dalam agroforestry. Apa mungkin kesana juga dapat dicapai? Atau keinginan kedua karena termotivasi saat sekolah SMP di pondok pesantren. Ingin belajar agana ke Mesir. Apa juga mungkin?

Insya Allah semua akan mungkin tercapai. Dan kehidupan akan lebih indah ketika kita punya tujuan. Karena setiap manusia adalah pemimpin, seorang khalifah. Maka kita harus berani menentukan apa yang dapat kita berikan untuk dunia khususnya agama, dalam posisi kita sebagai seorang khalifah? Karena ini juga sebuah sarana untuk meraih tujuan akhir dari kehidupan.

Oleh karena itu. Ayo tentukan impianmu. Dan mari bersama2 meraihnya..!!!

Selamat datang di era impian dan cita2.

2 thoughts on “Harapan dan Takdir

Tinggalkan Balasan

