Menjaga Kesehatan

Sungguh nikmat sehat adalah salah satu nikmat yang patu kita syukuri. Rasulpun bersabda bahwa kebanyakan kita lalai terhadap dua nikmat yakni nikmat sehat dan waktu luang. Dengan nikmat itulah kita dapat beraktivitas dengan leluasa dalam rangka beribadah kepada Allah Yang Maha Menyayangi.

Bisa dibayangkan ketika nikmat sehat itu Allah ambil sebagian saja. Misalnya sakit gigi. Sungguh hari2 kita begitu menyakitkan, pusing di kepala, gusi senut-senut, ouw-ouw (mungkin yang berpengalaman lebih mengerti…), mau tilawah jadi sulit, wudhu aja males dll..

Atau kaki kita keseleo. mau beli makan aja males apalagi ke masjid,. padahal shalat berjamaah di masjid pahalanya guede banget. so pasti kerjaannya cuma  di kamar aja, kecuali maksain. Nabi kita juga pernah bersabda, seandainya ummat ku tahu ganjaran bagi orang yang shalat berjamaah di masjid maka ia akan mengusahakannya meski dengan merangkak.

parah lagi kalo yang sakit organ dalam. misal lambung, atau hati, atau ginjal, atau paru2.. pasti gak enak banget rasanya. Seringkali sakitnya terasa ke seluruh tubuh. kaki sakit, kepala puyeng, badan jadi lemas, atau pun gak bisa berdiri.

Untuk itu mari kita syukuri nikmat sehat ini agar dapat mengusahakannya untuk beribadah kepada Allah. Ada banyak tips yang bisa dipraktekkan agar kita bisa hidup sehat, diataranya:

1. Bangun Malam

sepertnya sudah banyak yang bercerita tentang manfaat dari shalat malam. Selain menyehatkan jasmani, shalat malam manjur untuk kesehatan ruhani.

2. Menjaga kebersihan Mulut dengan Gosok gigi/ bersiwak

salah satu sunnah rasul yang kecil namun sering dilupakan. padahal sangat penting. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh (menjaga dari sakit gigi), menjaga kebersihan mulut juga merupakan upaya untuk menjaga penampilan. Coba bayangkan jika mulut kita ‘bau’ pasti akan sangat mengganggu keika kita berinteraksi dengan yang lain. apalagi jika mengganggu orang lain yang sedang shalat berjamaah dengan kita.

3. menjaga kebersihan

Kebersihan sebagian dari iman kan? kalo bersih insya Allah sehat

4. Olah raga

Upayakan untuk merutinkan hal ini. karena dengan berolah raga tubuh kita akan semakin kuat dan bugar. Selain itu penampilan kita bisa saja menjadi semakin menarik karena berjalan dengan tegap dan bersemangat. kita bisa lakukan lari pagi meskipun seminggu sekali, atau dengan sering berjalan kaki.

5. Makan yang halal dan baik (toyyib)

Makanan itu perlu diperhatikan. Banyak penyakit yang bersumber dari makanan yang tidak terjaga (seperti kolesterol, batu ginjal, magh, liver dll). Jika kita bisa menjaga makanan dengan baik yang masuk ke tubuh kita, selain menjaga diri dari penyakit tentu akan menguatkan fisik kita. kita harus perhatikan kebutuhan protein, kalsium, vitamin, karbohidrat dll. karena semua itu akan sangat berpengaruh untuk jangka panjang hidup kita. Kita bisa makan sayur2an dan buah untuk vitamin dan serat, bisa juga susu untuk kalsium (penting untuk masa depan), ikan/tahu/tempe untuk protein dan berbagai makanan yang mengandung karbohidrat.

selain dari segi materi, ternyata kesehatan sangat dipengaruhi oleh kondisi pikiran dan hati kita. maka selalulah tersenyum dan optimis, menahan amarah, tidak iri hati dan penyakit hati lainnya.

Insya Allah kesehatan dan kebugaran tubuh kita sangat diperlukan bagi kita dan juga orang lain.Untuk kita saat ini atau menjelang usia lanjut (ibu2-bapak2) maupun ketika usia lanjut.

“Keep Healthy our Body”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s