berpikirlah

Allah dengan segala pujian untuk-Nya memberikan kelebihan kepada manusia dibandingkan makhluk lainnya. Manusia, Allah lebihkan ia dengan adanya akal. Otak tidak sama dengan akal. Kucing punya otak tapi tidak punya akal.

Dengan akal ini manusia menjadi lebih mulia dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan Allah memerintahkan semua makhluknya untuk bersujud kepada manusia (Nabi Adam as.) karena kesempurnaan penciptaan manusia.

Dahulu nenek moyang kita (Adam as.) mengajarkan malaikat (setelah Allah ajarkan Adam as.) mengenai nama-nama makhluk dan benda yang ada di bumi. karenanya malaikat kemudian memahami bahwa manusia lebih mulia dibandingkan malaikat meskipun malaikat tahu bahwa manusia adalah makhluk yang senang menumpahkan darah dan membuat kerusakan.

Berpikir adalah pekerjaan orang-orang berakal. Mungkin kita ingat Firman Allah SWT di dalam  QS. Ali -Imraan, 3: 190-191,
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”.

Berpikir yang dianjurkan islam adalah memikirkan hal-hal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah kapan pun dan dimana pun. Output yang diharapkan dari berpikir adalah kedekatan kita kepada Allah dan rasa takut akan adzab Allah. sebagaimana Firman Allah di Al Faatir ayat 28,
“Sesungguhnya yang paling takut kepada Allah adalah orang-orang yang berilmu dari hamba-Nya.”

Nah..mari kita gunakan akal kita untuk berpikir, sebagai bukti syukur kita akan akal yang Allah karuniakan untuk kita.

mari kita merenung sejenak, memikirkan diri kita, tentang hakikat penciptaan kita, tugas kita, dan untuk apa kita di dunia.

Disisi lain kita juga dapat menggunakan akal kita untuk memikirkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita -mengingat tugas kita adalah khalifah fil ard- maka kita perlu berpikir kreatif dalam memakmurkan bumi..

yap!!! selamat untuk kita yang duduk di bangku perkuliahan.  semoga kesempatan ini dapat kita gunakan untuk memikirkan hal-hal yang bermanfaat dan dapat mengamalkan untuk kemaslahatan umat di bumi.

wallahu’alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s