Inget kata2 dari sebuah film…

”Loe gak akan pernah sadar dengan apa yang loe punya, sebelum loe kehilangan itu semua”

Kata kata tersebut terlantunkan dalam sebuah layar film lebar di tahun 2002. film yang termasuk paling diminati oleh para remaja . film ini berkisah tentang tiga orang remaja yang kompak dan selalu bersama, yang mempunyai sebuah ritual mengelilingi komplek sambil berlari dengan berharap untuk mendapatkan matahari.

Bukan tentang film yang sebenarnya ingin dibahas. Sebuah pencerahan tentang rasa syukur dengan apa yang sedang dimiliki. Memang kita sering kali tidak merasa memiliki sesuatu sebelum sesuatu itu tidak ada. Kita sebaiknya menghitung-hitung kembali, berapa banyak apa yang sekarang kita miliki. Dari dalam diri, orang lain, benda, dan juga alam sekitar.

Bila dirasakan oleh umat manusia saat ini salah satunya adalah hutan. Dahulu kita merasa acuh tak acuh terhadap lingkungan kita terutama hutan. Setelah dirasakan begitu besar akibat dari tidak ada hutan, maka kita baru sadar bahwa disamping kehidupan kita, kita membutuhkan hutan. Hutan sebagai penghasil oksigen, pengatur siklus air, sumber pakan, sandang, dan juga papan, merupakan sesuatu yang tidak ternilai dinandingkan dengan teknologi tercanggih dimana pun. Karena hutan adalah sebuah sistem alam yang salah satunya memiliki peran sebagai mesin pengendali air dan udara di bumi.

Di zaman sekarang bila kita ingin menggunakan mesin, tentunya akan membutuhkan banyak energi dalam pelaksanaannya. Bila dilihat dari bahan bakar berupa minyak bumi yang mungkin 18 tahun lagi akan habis ataupun gas bumi yang mungkin 24 tahun lagi juga akan habis, maka kebutuhan energi untuk anak cucu kita tidak lah cukup. Bilapun menggunakan energi matahari, itu akan membutuhkan biaya yang sangat besar dalam pembuatan alatnya. Berbeda dengan hutan yang menggunakan pepohonan sebagai pengolah energi. Pepohonan dengan daun yang dimilikinya, dapat memanfaatkan energi matahari yang hanya 5-6% saja sebagai fotosintesis tetapi dapat bermanfaat bagi makhluk di bumi. Sebuah sistem yang telah Allah ciptakan untuk selalu kita jaga dan lestarikan.

Oleh karena itu mari kita jaga hutan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s